Thursday 22 December 2016

VARANUS BENGALENSIS

Klasifikasi :
Ordo Squamata, Family Varanidae

Deskripsi :
Biawak Bengal memiliki panjang tubuh hingga ekor 100-175 cm. biawak jantan pada umumnya lebih besar dibandingkan dengan biawak betina. Berat tubuh mencapai 7,2 kg. Biawak muda memiliki warna yang lebih menarik dari pada biawak dewasa.Biawak dewasa memiliki tubuh berwarna abu-abu.Dengan kepala bagian atas berwarna kuning kusam dengan bintik cokelat dan hitam yang tidak teratur.

Perilaku :
Biawak Bengal merupakan hewan yang hidup soliter/menyendiri, hewan ini akan tidur malam hari dan mulai beraktifitas pada pagi hari untuk mencari makan (diurnal). Pada saat pagi hari, hewan ini akan berjemur di atas batu untuk menyerap panas dari luar tubuh. Selanjutnya biawak akan melanjutkan aktifitas berburu mangsa. Hewan ini merupakan jenis yang tidak hiperaktif dan bukan pemalu serta tidak memiliki daerah teritori yang pasti. Jika dalam keadaan tertekan, maka hewan ini akan menyerang dengan menggigit atau mengibaskan ekornya.

Reproduksi :
Masa kawin biawak Bengal dimulai pada bulan Juni sampai September. Ketika memasuki musim kawin, biawak Bengal betina akan mulai membuat sarang dengan menggali tanah membentuk lubang untuk meletakkan telur-telurnya. Pada umumnya biawak betina akan membuat sarang dari sarang rayap, mereka membuat sarang-sarang palsu untuk mengelabui predator. Biawak jantan akan mendatangi betina ketika musim kawin tiba. Biawak bertelur dalam jumlah yang cukup banyak, yaitu 15-20 butir telur. Telur-telur tersebut akan menetas pada hari ke 168. Kira-kira hanya 40-80% saja telur yang akan menetas dari jumlah telur yang dikeluarkan.

Pakan :
Pada umunya hewan ini memakan berbagai jenis serangga, laba-laba, kalajengking, semut, ikan, kadal, siput, katak dan beberapa macam hewan pengerat.

Habitat :
Spesies ini ditemukan diberbagai habitat, dari padang gurun hingga hutan hujan dengan ketinggian sedang. Hewan ini hidup di daerah terrestrial dan di perairan tawar dan berbatu. Hewan ini merupakan hewan eksotermal, sama dengan jenis biawak lain yaitu mendapatkan panas dari luar tubuhnya. Hewan ini menyukai habitat dekat dengan sumber air dan terbuka. Tersebar di Asia Bagian Selatan.


No comments:

Post a Comment