Monday 19 December 2016

Tips Melatih kura kura



Tips melatih kura2 yang saya berikan berikut ini adalah 100% berdasarkan pengalaman saya, kalau menurut anda bagus, silakan ditiru dan kalau menurut anda tidak bagus, silakan dicuekin aja
Saya tahu benar bahwa banyak orang  yang berpendapat bahwa kura-kura itu seperti ikan, jadi cukup dilihat saja dan dikasih makan. Tidak boleh banyak dipegang karena di alam pun mereka jarang di pegang2…tapi menurut saya, semua mahluk hidup akan berlaku sesuai bagaimana kita memperlakukannya. Saat kura-kura menjadi peliharaan, hal yang wajar kalau kita menyanyanginya dan tidak hanya sekedar memberi makan. Bila  kita melakukan hal itu, kura-kura pun akan menganggap kita lebih dari sekadar tukang kasih makan
Alasan saya menulis post ini sangat sederhana…karena akhir2 ini saya sering sekali mendengar orang2 yang berkata kalau kura2 mereka ga mau dipegang dan cenderung ingin mengigit mereka. Kame dan Kroten sama sekali bukan pengigit dan luar biasa manisnya…saya sampai terheran-heran jika mendengar  ada yang bilang kura2nya  galak banget.
Nah…mari kita mulai langkah2 membuat kura2 anda menjadi jinak dan penurut.
1.         Berikan nama pada kura-kura anda!
Memang benar kalo mereka cuma kura-kura,mahluk berdarah dingin. Tapi… jangan pernah menganggap kalo mereka tidak butuh nama. Saya kenal paling tidak 4 orang yang tidak pernah memberikan nama pada kura-kura mereka, mereka pikir kura2 itu tak butuh nama *geleng-geleng kepala*
Mari saya buat sederhana saja… MEREKA PAHAM KOK DENGAN NAMA MEREKA!!!
2.         Panggilah kura-kura anda sesering mungkin
Hal ini perlu dilakukan agar mereka mengenal nama mereka. Saya paham betul kalau mereka tidaklah secerdas anjing dan kucing tapi mereka hampir selalu menanggapi panggilan saya.
3.         Bermainlah dengan mereka
Mungkin anda akan bingung, gimana caranya main dengan kura-kura? Yang paling mudah adalah dengan memberikan mereka sebuah benda yang mencurigakan lalu biarkan  mereka memeriksanya. Saat Kame masih bayi, saya suka mengelindingkan sesuatu ke arah dia, dia akanpanik dan lari.Tapi kemudian dia mendekat dan mencium2. Singkat kata, berikanlah sedikit waktu untuk bersama mereka.
4.         Sering-seringlah dipegang
Saya sangat tahu kalau orang2 akan sangat tidak setuju dengan pelatihan macam ini…Tapi…saya sudah melakukan hal ini sejak bertahun-tahun lamanya dan hasil yang saya dapat sangat menakjubkan.
Mereka jadi sangat terbiasa dengan saya,mereka bahkan seperti meminta untuk disentuh.
Saya membiarkan mereka memanjat kaki saya kapan pun mereka mau. Bahkan mereka tidak memasukkan kepala mereka saat saya mau menyentuh kepala  mereka. ketiduran di kaki sudah menjadi hal yang biasa.
5.         Suapi mereka sekali-sekali
Hal ini juga banyak ditentang orang karena mereka bisa saja malah menganggap jari kita adalah makanan. Untungnya, karena saya sudah sering menyuapi  (bahasa kerennya: Hand-Feed) mereka sejak kecil, jadi cara ini sangat berhasil.
Hand-feed memberikan sebuah ikatan khusus antara kura-kura dengan pemeliharanya.
6.         Biarkan mereka menjelajah rumah
Menurut saya, ini adalah cara yang baik untuk membuat mereka merasa bagian dari keluarga. Tidaklah adil jika membiarkan mereka melihat orang-orang mondar-mandir di depan mereka sementara mereka diam di dalam akuarium atau tempat berjemurnya. Sekal-kali biarkanlah mereka juga meregangkan kaki2nya di sekitar rumah.
Saya tdak takut kehilangan mereka karena saya tinggal memanggil nama mereka, merekapun akan muncul. Kalaupun tidak muncul, biasanya mereka sembunyi di tempat yang sama.Tapi ini sangat sulit bagi yang jarang melepas mereka, untuk yang pertama kali membiarkan mereka jalan-jalan…amati terus gerak gerik mereka!
7.         Ulangi perintah yang sama berkali-kali
Jika anda ingin mereka melakukan sesuatu…katakan lagi  dan lagi dan  lagi.
8.         Biarkan mereka tidur di samping tempat tidur sesekali
Hmmm… Ini mungkin tips paling gila yang pernah anda  dengar. Ini dapat menyebabkan anda kehilangan kura-kura anda, menurut beberapa orang.
Untungnya, saya belum pernah kehilangan satu pun dari mereka! Saya taruh mereka di atas selembar kain dan menutup mereka kembali dengan kain lain, seolah2 kasur dan  selimut. mereka akan bangun pada saat yang bersamaan dengan saya…dan setelah itu, hal menyenangkanpun terjadi…mereka akan mengikuti kemanapun saya pergi. saya suka sekali saat-saat seperti tu
Untuk yang pertama kali melakukan ini, yang perlu dilakukan adalah sedikit pencegahan…awalnya taruhlah mereka di dalam kotak,jadi kalau bangun duluan, mereka tidak lari kesana-kemari Lama-lama mereka akan bangun sama dengan kita.
Mungkin anda  pikir ini hal yang tidak biasa…tapi cobalah pikir lagi, banyak orang yang membiarkan anjing  dan kucingnya tidur di kasur mereka, lalu apa salahnya  kalo kura-kura tidur dekat kita?
9.         Tunjukkan rasa sayang kita pada mereka
Tips yang satu ini adalah yang paling penting. Jangan hanya memandang mereka dan memberi makan. Anda  perlu sekali-sekali berbicara dengan mereka, menghabiskan waktu dengan mereka …intinya, tunjukkan kalo kita sayang dengan mereka.
10.     Ambil foto mereka sebanyak mungkin (pelatihan ekstra)

Hehe…pelatihan ini cuma untuk membuat mereka terbiasa dengan kamera dan menjadi kura-kura narsis

No comments:

Post a Comment