Wednesday 21 December 2016

Cara merawat monopohon

Sifat dan karakter ular mono pohon.
Seperti namanya, ular mono pohon hidup di pepohonan dengan cara melingkarkan tubuhnya membelit pepohonan. Di alam, ular mono pohon memakan cicak, kadal kecil, anakan hewan pengerat, serta bayi hewan lain. Ular mono pohon memiliki corak dan warna yang bervariasai antara coklat tua, kuning, hijau, kemerahan, bahkan ada juga yang berwarna hitam. Variasi corak warna inilah yang membuat mono pohon populer dipelihara sebagai ular peliharaan. Memelihara mono pohon juga relatif lebih gampang dibanding memelihara ular retic atau memelihara ballphyton. Ular mono pohon dewasa bisa mencapai panjang hingg 65 sentimeter. Ular mono pohon adalah ular nocturnal atau ular yang aktif pada malam hari. Seperti halnya ular dari keluarga Boa yang lain, ular mono pohon termasuk ular yang kalem. Mereka membunuh mangsanya dengan melilitkan tubuh di tubuh mangsanya.
Cara memelihara mono pohon sangat gampang. Berikut adalah beberapa tips cara memelihara mono pohon
Sebagai kandang, anda bisa menggunakan terarium berukuran standart dengan aksesoris ranting pohon di dalamnya karena mono pohon suka membelit di ranting pohon tersebut.
Jika tidak memiliki terarium, anda bisa menggunakan akuarium berukuran standart atau container box. Gunakan kertas koran bersih sebagai bedding kandang. Pastikan bahwa kandang mono pohon yang digunakan bersuhu ruangan, memiliki sirkulasi udara yang bagus (tidak pengap), dan selalu terjaga kebersihannya. Kandang terbaik untuk ular mono pohon adalah kandang atau terarium dengan dinding terbuat dari bahan jaring kawat berdiameter lubang kecil sehingga udara bisa bebas keluar masuk ke dalam kandang dan ular tidak bisa melepaskan diri. Oh ya, anda juga bisa menempatkan hiding box atau tempat bersembunyi bagi mono pohon anda di dalam kandang.
Suhu udara di dalam terarium hendaknya bersuhu ruangan, tidak terlalu dingin juga tidak terlalu panas. Untuk keperluan basking atau menjemur ular mono pohon, anda bisa menjemur ular mono pohon anda setiap hari selama 5 hingga 10 menit dibawah sinar matahari pagi (dibawah jam 9 pagi). Menjemur ular mono pohon berguna agar si ular bisa mendapatkan asupan kalsium dan sinar UVB dari sinar matahari serta bisa membunuh kuman dan bakteri yang penempel pada tubuh ular.
Sediakan air minum di dalam kandang agar ular bisa sesekali minum atau berendam di dalamnya, ganti air minum tersebut setiap hari.
cara memberi makan mono pohon adalah dengan memasukkan langsung pakan hidup ke dalam kandang. masukkan makanan mono pohon berupa cicak hidup ke dalam terarium, lalu tutup kandangnya dengan kain hitam dan buat lingkungan sekeliling kandang sepi agar mono pohon bisa berburu makanannya. Anda juga bisa memindahkan terarium ke tempat yang lebih tenang agar ular mono pohon anda bebas berburu.
Biasanya, ular mono pohon diberi makan setiap seminggu sekali atau sesuai dengan usia dan pola makannya.

Demikian adalah cara memelihara ular monop atau mono pohon yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri dalam memelihara mono pohon. Semoga artikel diatas bisa menjadi acuan anda dalammemelihara mono pohon. Saran dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. 

No comments:

Post a Comment